Sukses

VIDEO: Pemecatan Ruhut, Awal Kisruh Internal Demokrat

Pemecatan Ruhut Sitompul dari jabatan Ketua DPP bidang Komunikasi dan Informatika Partai Demokrat menandai babak baru kisruh internal Partai Demokrat.

Pemecatan Ruhut Sitompul dari jabatan Ketua DPP bidang Komunikasi dan Informatika Partai Demokrat menandai babak baru kisruh internal Partai Demokrat. Namun Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Ali menampik adanya perpecahan di tubuh partainya.

Siapa tak kenal Ruhut Sitompul. Mengawali karier sebagai pengacara, artis sinetron hingga anggota dewan. Belakangan Ruhut makin populer setelah menyeberang dari Partai Golkar ke Partai Demokrat.

Namun sosok Ruhut yang kontroversial lengkap dengan komentarnya yang kerap memanaskan telinga sejumlah kalangan kini menjadi bumerang. Ruhut yang beberapa kali meminta agar Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum untuk mundur akhirnya dipecat dari posisi Ketua DPP bidang Komunikasi dan Informatika. Namun Ruhut tak tinggal diam.

Pascapemecatan Ruhut sejumlah spekulasi mengemuka partai yang didirikan Presiden SBY itu kini di ambang perpecahan akibat lemahnya kepemimpinan Anas Urbaningrum. Namun spekulasi itu dibantah.

Sementara pengamat politik  J Kristiadi menilai, pemecatan Ruhut tak akan berpengaruh apa pun pada citra Partai Demokrat. Jika tidak ingin Demokrat hancur maka SBY harus segera bersikap, bukan sekadar retorika.

Di saat elektabilitas dan popularitas sedang merosot, Partai Demokrat kini justru disibukkan konflik internal tak berkesudahan. Padahal, sorotan publik masih terus mengarah ke Partai Demokrat setelah sejumlah kadernya terlibat kasus korupsi.(Frd)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.