Sukses

Polisi Gandeng Badan POM Razia Daging Celeng

Kepolisian Polda Metro Jaya menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) untuk mengantisipasi beredarnya daging babi oplosan.

Maraknya daging babi yang digunakan sebagai bahan campuran pembuatan bakso, membuat sejumlah pihak resah. Tak hanya konsumen, aparat terkait pun terus merazia praktik pedagang nakal tersebut. Kepolisian Polda Metro Jaya menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) untuk mengantisipasi beredarnya daging babi oplosan.

"Kerja sama yakni dengan mencari makanan olahan yang diduga bercampur dengan sapi dan babi. Dari kerja sama tersebut peran Badan POM akan ada sendiri. Sifatnya silent, kita akan ambil sampel dan nanti dikembangkan siapa pelakunya, sumbernya siapa," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes, Rikwanto, di Jakarta, Senin (17/12/2012).

Menurut Rikwanto, dengan adanya penelitian dari Badan POM dipastikan masyarakat menjadi aman mengonsumsi makanan terutama olahan daging. Selain itu, hal ini juga dilakukan menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru. Dalam razia itu, pihaknya tak hanya mencari daging babi oplosan, tapi juga makanan kadaluarsa.

Pihak kepolisian dan Badan POM akan mengambil sampel makanan yang diduga oplosan daging babi atau makanan kadaluarsa untuk diuji di labolatorium. "Di sana ada informasi, jika dicurigai nanti akan diteliti. Itu perlu dibuktikan, tidak semua informasi itu benar," kata Rikwanto. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.