Sukses

Jokowi 'Komersilkan' Kampung di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI berencana akan membangun perkampungan yang bisa mendatangkan untuk keuntungan bagi kampung tersebut.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI berencana akan membangun perkampungan yang bisa mendatangkan untuk keuntungan bagi kampung tersebut. Setidaknya, ada tiga kampung 'komersil' yang akan dibangun, yakni kampung herbal, kampung ikan, dan kampung backpacker.

Menurut Jokowi, kampung herbal dibangun dengan ditanam tanaman-tanaman herbal. Katanya, dengan begitu, tanaman-tanaman herbal itu nantinya bisa dijadikan sebagai komoditas bagi kampung itu.

"Dijadikan kampung herbal, karena memang itu beberapa sudah memulai dan dibesarkan menjadi komoditas, jadi sebuah produk yang menambah income bagi penduduknya," ujar Jokowi di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2012).

Lalu, sambungnya, akan dibangun juga kampung ikan. Menurut Jokowi, kampung itu memiliki potensi perikanan, maka bisa dijadikan juga sebagai komditas.

"Kemudian ada kampung backpacker. Itu bisa dilakukan untuk menampung turis-turis. Itu bisa menjadi sebuah bisnis dan menaikan income warga situ," kata dia.

Meski begitu, Jokowi belum membeberkan secara detil konsepnya seperti apa dan kapan jadwal pembangunannya. Tapi yang jelas, perkampungan model seperti itu harus bisa mendatangkan dan meningkatkan pendapatan bagi warga setempat.

Lalu dari mana anggarannya untuk pembangunan kampung 'komersil' itu, Jokowi menjawab, dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

"Yang paling penting, disetujui dulu sama anggota dewan, kalau sudah, baru kita bicara lebih detail lagi. Ini belum disetujui tapi saya sudah ngomong banyak-banyak. Nanti malah nggak disetujui," ujar mantan Walikota Solo tersebut.(Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini