Sukses

Banjir Lumpuhkan Aktivitas Kota Palembang

Sebagian jalanan Kota Palembang banjir akibat hujan deras yang turun sejak subuh. Akibatnya kemacetan terjadi di mana-mana. Aktivitas warga terganggu. Warga berharap, pemerintah segera bertindak konkrit.

Sebagian wilayah Ibukota Sumatera Selatan Palembang lumpuh akibat banjir. Hujan yang turun sejak pagi buta menyebabkan sejumlah ruas jalanan Kota Palembang terendam air sekitar 40 cm. Ribuan kendaraan warga kota yang akan menjalani aktivitas sehari-hari terjebak di tengah kemacetan.

Jalanan seperti ruas Jalan Mayor Ruslan dan sebagian Jalan Muhammad Isa banjir. Jalan utama di Kota Palembang seperti Jalan Sekojo, Lettu Roni Belut, dan Jalan Kapten Rivai pun serupa. Ribuan kendaraan mobil dan motor, Selasa (11/12/2012) tak bisa bergerak. Tepat di atas genangan banjir tersebut di sepanjang ruas jalanan ini, terpampang spanduk pencalonan kembali Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin. Warga pun mengeluhkan kondisi yang acapkali berulang tiap musim hujan tapi seperti tak ada upaya konkrit pemerintah untuk menuntaskannya.

"Ini biasa tiap hujan deras, banjir. Belum ada upaya pemerintah. Tiap hujan, macet," ujar Mujid warga Kota Palembang yang ikut terjebak dalam kemacetan.

Selain warga yang tak bisa beraktivitas, para sopir kendaraan umum pun tak berkutik. Sejumlah pengemudi taksi hanya bisa menerima keadaan tanpa bisa berbuat lain.

"Hujan deras terjadi sejak subuh. Air banjir beberapa centi, mobil gak bisa bergerak. Jalanan macet. Penumpang sepi," ungkap Mansur sopir taksi.

Warga berharap Walikota Palembang, Edi Santana Putra dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin segera mencari jalan keluar memperbaiki kondisi buruk yang terjadi tiap tahun tersebut. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.