Sukses

Jokowi Kaget Lihat Mal UKM Waduk Melati Tak Terurus

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku kaget saat mengunjungi mal UKM di Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku kaget saat mengunjungi mal UKM di Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Pria yang akrab disapa Jokowi ini amat menyayangkan bangunan yang telah berdiri 4 tahun lalu itu tak berfungsi maksimal.

"Kalau melihat posisi strategisnya, fasilitasnya yang ada ada di dalam. Wow, itu bagus sekali. Sekarang masalah bagaimana mempromosikan tempat ini. Gimana meramaikan tempat ini. Gimana membawa orang untuk datang ke sini. Kalau perlu, hotel-hotel jemputin semua, bawa ke sini. Ngapain tidak," kata Jokowi usai berkeliling gedung mal UKM, di Jakarta, Senin (3/12/2012).

Jokowi tak menduga bila gedung UKM itu sangat besar. "Ada yang ngundang baru tahu. Tapi diundang pun bayangan saya gak kayak gini. Bayangan saya kecil gitu, ternyata besar begini," tambah Jokowi sambil tertawa lebar."Gak tau punya gedung gini gedenya. Ini namanya mal UKM," imbuh dia.

Karena itu, ia memerintahkan Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Pemprov DKI, Ratna Ningsih, yang ikut dalam kunjungan tersebut untuk menyusun strategi dalam memaksimalkan sarana ini.

"Segera harus dimanfaatkan. Lebih produktif. Bisa memberi manfaat pada usaha-usaha kecil, usaha-usaha rumah tangga, PKL, nanti coba kita bawa ke sini semua lah," jelas mantan Walikota Surakarta tersebut.

"Pokokny kalau gak ada yang bisa garap, tak garap sendiri," katanya lagi sambil tertawa lebar.

Menurut gubernur yang juga pengusaha ini sebagai langkah awal memaksimalkan mal UKM yaitu segera mengisinya dengan beragam jenis usaha.

"Bulan depan siapkan untuk promosi. Atau mungkin yang kecil-kecil aja yang kurang- kurang," kata dia.

Sementara menurut Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Pemprov DKI, Ratna Ningsih, tanah Mal UKM tersebut merupakan pemberian dari Jakarta Realty. Sedangkan bangunannya, ditanggung oleh Thamrin City. "Namun pengelolaya Pemprov DKI," kata dia.

Gedung yang berlantai 6 itu kondisinya sangat memprihatinkan. Ruangnya terlihat gelap, ubin lantai sudah banyak yang terlepas, tembok belakang tempat parkir motor ambruk, dan parkiran yang ruangnya sempit. (ALI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.