Sukses

Soal MRT, Jokowi Minta Pemerintah Pusat Subsidi 70 Persen

Soal MRT, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi minta pemerintah pusat bisa memberikan subsidi sebesar 70 Persen. Menurutnya dengan subsidi itu harga tiket bisa lebih murah.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi minta pemerintah pusat bisa memberikan subsidi 70 Persen dalam program Mass Rapid Transit Jakarta (MRTJ). Menurutnya MRT bisa berjalan jika pemerintah pusat bersedia memberikan subsidi untuk harga tiket MRT.

Harga tiket MRT, menurut hitung-hitungan Jokowi berkisar pada Rp 38 ribu. Jika pemerintah pusat memberikan subsidi 70 persen maka harga tiket MRT bisa ditekan sampai Rp 10 ribu. Hal ini akan dibicarakan dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

"Saya harus nego dengan pemerintah pusat untuk bisa memberikan subsidi paling tidak 70:30, sehingga beban kita tidak terlalu berat. Minggu depan ketemu Menteri Keuangan memohon itu, kalau itu sudah, ya jalan," kata Jokowi usai bertemu empat mata dengan Dirut PT MRTJ di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (19/11/2012) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mengungkapkan ada pembahasan mengenai pengembalian pinjaman serta hal-hal lain seputar proyek MRT.

"Soal pengembalian pinjaman tadi memang belum dijelaskan, tapi itung-itungan kasarnya masuklah. Saya harus minta kajiannya komplit, artinya ya sudah lah. Semua kajian, ekonomi, sosial, semuanyalah," katanya.

Sampai saat ini Jokowi sedang menunggu berbagai kajian lengkap terkait pelaksanaan proyek MRT. Namun Jokowi kembali menegaskan proyek MRT hanya bisa berjalan jika harga tiketnya bis ditekan dengan subsidi pemerintah pusat.

"Saya tinggal tunggu kajian sajalah, yang paling penting bagi saya 70:30. 70 pemerintah pusat, 30 pemerintah provinsi DKI. Kalau sudah disanggupi, ya sudah, jalan. Tergantung Menkeu. (Sepertinya) positif melanjutkan, dengan catatan itu tadi, 70:30," tandasnya.(ADI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini