Sukses

Bawa 2 Perahu Karet, Jokowi Tiba di Pintu Air Manggarai

Jokowi malam ini mengunjungi pintu air Manggarai. Disertai sejumlah Satpol PP.

Liputan6.com, Jakarta: Meski malam telah menjelang, kesibukan di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Jokowi di kawasan Menteng masih tampak terlihat.

Di halaman, bersiaga dua mobil pick up milik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), lengkap dengan personel yang berjumlah 10 orang. Dua perahu karet juga telah disiapkan. "Kami tinggal menunggu perintah," kata salah seorang anggota Satpol PP, Sabtu (24/ 11/2012).

Menurut informasi, malam ini Jokowi akan mengunjungi sejumlah lokasi banjir di Jakarta. Beredar kabar, pria bernama asli Joko Widodo itu akan menyambangi kawasan Manggarai.

Benar saja, Jokowi tampak keluar dari rumahnya pukul 18.42 WIB, tak sampai lima menit, ia sudah berada di pintu air Manggarai.

Sebelumnya, Jokowi berkunjung ke dua wilayah banjir di ibukota. Pertama, dia mengunjungi Kampung Makassar. Sempat kehujanan, di sana mantan Walikota Solo itu menyumbang tujuh  beras dan uang  Rp 40 juta dari kantong pribadinya.

Sore harinya, giliran Jokowi ke Kedoya. Membawa beras, sejumlah kardus mie instan, dan uang tunai  Rp25 juta.

Mengatasi banjir Jakarta menjadi pekerjaan rumah tak mudah Jokowi pasca menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta.

Salah satu pihak yang menunggu realisasi Jokowi mengatasi banjir adalah Kementerian Pekerjaan Umum. Terutama soal pembebasan pemukiman warga yang berada di bantaran Sungai Pesanggrahan yang kerap terkena banjir.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Kementerian Pekerjaan Umum (BBWSCC Kemen PU) Imam Santoso mengatakan, pembebasan lahan harus dilakukan sebelum proses revitalisasi terhadap sungai di Jakarta dilaksanakan. (EIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.