Sukses

Ahok: Perda Ibu Menyusui di Kantor Launching 2013

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyambut baik desakan untuk meluncurkan Perda ASI. Ia mengatakan saat dilantik pun, sudah disiapkan rancangannya.

Peraturan daerah (Perda) ASI begitu didesak untuk segera diluncurkan. Tuntutan itu terutama datang dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Permintaan itu disambut baik Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat dilantik pun, Ahok sudah menyiapkan rancangannya. Tahun 2013 mendatang, ibu pekerja sudah bisa menyusui buah hatinya di kantor.

"Kita akan buat Perda ASI rencana tahun depan launching-nya. Sekarang sedang mempersiapkan raperdanya," kata mantan Bupati Belitung Timur itu usai bertemu AIMI di Gedung Balaikota Jakarta, Jumat (23/11/2012).

Menurut dia, ibu yang menyusui di kantor akan lebih cepat kerjanya, karena jam menyusuinya tidak boleh lewat. "Konsep biologis harus benar. Di pemprov sendiri sudah ada di lantai dua pada gedung kerja gubernur dan wagub," ujar Ahok.

Ketua Umum AIMI Mia Sutanto usai bertemu Ahok menuturkan, melalui Perda ASI diharapkan bisa mendorong tingkat pemberian ASI kepada anak. Salah satunya lewat penyediaan ruang khusus menyusui.

"Kita harapkan Perda ASI yang ada di Jakarta lebih baik, komplet dari daerah yang lain karena sebagai pusat ibukota," jelas Mia.

Terkait Perda ASI, lanjut dia, sudah disampaikan saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur putaran kedua. Pertama, mendorong adanya Perda ASI untuk DKI Jakarta. Kedua, meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung Peraturan Pemerintah RI Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Ekslusif, terutama untuk ibu pekerja.

"Ketiga, terkait dengan larangan formula, masih banyak fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan formula. Kita minta tindakan tegas," demikian Mia.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.