Sukses

Gaya Kepemimpinan Jokowi-Ahok Harapan bagi Rakyat

Gubernur Joko Widodo dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama mempunyai gaya kepemimpinan yang khas. Masing-masing dengan gayanya sendiri dan saling mengisi. Gaya mereka mirip kepemimpinan Ali Sadikin.

Liputan6.com, Jakarta: Gubernur Joko Widodo dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama mempunyai gaya kepemimpinan yang khas. Masing-masing dengan gayanya sendiri dan saling mengisi.

Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi gemar turun ke bawah mengecek langsung ke lapangan. Jokowi dikenal sangat dekat dengan rakyat. Bahkan ketika berkunjung langsung sekolahan yang  ambruk, Jokowi menyempatkan diri menaiki tangga melihat langsung kondisinya. Warga pun terkaget-kaget dengan gaya Jokowi ini.

Tak hanya itu. Jokowi pun sangat akrab dengan wartawan. Jika pusing dengan berondongan pertanyaan wartawan yang berbeda-beda, Jokowi tidak marah. Tapi dengan gayanya sendiri, sang gubernur menghadapinya.

Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok punya gaya lugas dan ceplas-ceplos dalam berbicara. Gayanya ini tentu saja membuat orang yang tak biasa mendengarnya bisa sakit hati.

Gaya memimpin Jakarta seperti pasangan Jokowi dan Ahok ini disebut-sebut seperti model Ali Sadikin. Menurut sejarawan JJ Rizal, gaya kepemimpinan seperti ini mendobrak garis-garis birokrasi yang kaku dan berbelit-belit. Diharapkan, gaya kepemimpinan seperti yang ditunjukkan Jokowi-Ahok bisa memberantas mafia birokrasi yang acapkali menghambat dan justru jauh dari melayani rakyat. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.