Sukses

PKL Senen Tagih Janji Jokowi

Sekitar 50 orang Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa berjualan di Pasar Senen mendatangi Balaikota DKI Jakarta hari ini, Senin (5/11). Mereka menuntut Joko Widodo (Jokowi), yang berjanji tidak akan menggusur para pedagang jika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Sekitar 50 orang Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa berjualan di Pasar Senen mendatangi Balaikota DKI Jakarta hari ini, Senin (5/11). Mereka menuntut Joko Widodo (Jokowi), yang berjanji tidak akan menggusur para pedagang jika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Janji-janjinya buktikan, jangan begitu duduk di sini lalu rakyat sengsara," kata koordinator aksi, Aston Manulang, di depan Balaikota, Jakarta.

Demo para PKL tersebut dilakukan terkait adanya surat yang dilayangkan oleh pihak Dishub Jakarta Pusat pada 15 Oktober, yang ingin menata ulang lokasi pasar dan mengharuskan mereka mengosongkan tempat itu selambat-lambatnya 15 November 2012. Namun, para pedagang beranggapan hal tersebut merupakan cara halus untuk menyingkirkan mereka dari tempatnya mencari nafkah.
"Kami melihat tendensi tempat itu mau ditutup. Kalau ditutup kami mau di kemanakan, kami butuh tempat yang bagus," ujarnya.

Aston mengatakan, setidaknya terdapat 200 kios di daerah tersebut. Menurutnya, para PKL membutuhkan tempat yang tidak kalah strategis dari tempat yang sekarang ini mereka tempati, jika memang lokasi tersebut akan ditutup.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menerima laporan para PKL terkait surat dari Dishub tersebut. Ahok berjanji tidak akan ada penggusuran, yang ada hanya perbaikan lokasi. "Tidak ada penggusuran, cuma perbaikan pager dan itu nanti kita cek dulu," tegas Ahok. (NDY/FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini