Sukses

Massa Buruh Berkumpul di Balai Kota

Konsentrasi massa dari KSPI dari forum kawasan industri Pulogadung, terlihat berkumpul di depan Balai Kota, Jakarta pada pukul 09.30 WIB. Mereka akan menuntut dikeluarkannya SK UMP.

Liputan6.com, Jakarta: Konsentrasi massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dari forum kawasan industri Pulogadung, terlihat berkumpul di depan Balai Kota, Jakarta pada pukul 09.30 WIB. Mereka rencananya akan menuntut dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) upah minimum provinsi (UMP).

"Kami datang kesini hanya untuk menuntut dikeluarkannya SK UMP," ujar Yulius Yohan, dari pihak KSPI. KSPI menuntut UMP DKI Jakarta sebesar Rp.2.799.000.

Sementara aparat kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja, terlihat bersiaga menjaga jalannya aksi yang melibatkan ratusan orang itu. Sejauh ini, aksi masih berjalan damai, dan para pendemo berharap sebelum salat Jum'at, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dapat menemui massa.

Rencananya Gubernur Jokowi, pagi ini bakal mengikuti rapat koordinasi penetapan UMP di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Sementara Kemenakertrans sempat memberi perpanjangan waktu sampai pertengahan November sebagai batas akhir penetapan UMP 2013. Bila melewati batas waktu, upah buruh tahun depan memakai besaran UMP 2012 [baca: Jokowi Bahas Upah Minimum, Ribuan Buruh Akan Datangi Balaikota].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.