Sukses

Konflik Myanmar Meluas

Konflik Myanmar memasuki babak baru. Kekerasan antara Suku Rohingya dan Rakhine justru menyebar ke wilayah barat Myanamar.

Liputan6.com, Yangon: Alih-alih kekerasan di Myanmar surut, konflik antara Suku Rohingya dan Rakhine justru menyebar ke wilayah barat Myanamar. Juru bicara Suku Rakhine Myo Thant mengatakan, Rabu (24/10), bentrokan antara Rohingya dan Rakhine dilaporkan telah meluas hingga melanda kota-kota pesisir, seperti Kyaukphyu dan Myebon.
 
Hingga saat ini, konflik yang terjadi sejak beberapa hari silam masih berlangsung. Akibatnya, konflik terbaru yang menelan tiga korban jiwa itu juga mengakibatkan puluhan lain terluka. Diperkirakan jumlah korban tewas dan terluka bertambah. Sayangnya, Myo enggan memberikan keterangan tambahan mengenai hal ini.

Terkait kekerasan Rohingya pemerintah Myanmar dinilai gagal menemukan solusi jangka panjang. ASEAN pun diminta turun tangan membantu konflik Myanmar.
 
ASEAN dan utamanya Indonesia, Malaysia, serta Brunei Darussalam sebagai negara berpenduduk muslim, sepatutnya mengambil prakarsa serius untuk menghentikan situasi kelam yang diciptakan untuk merenggut nyawa dan memberangus etnis muslim Rohingya secara barbar [baca: ASEAN Diminta Bereaksi Atas Kekerasan Terhadap Rohingya].(AP/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini