Sukses

Jelang Gencatan Senjata, Perbatasan Suriah-Turki Panas

Menjelang gencatan senjata di Suriah dalam menyambut Iduladha, kekerasan kembali terjadi di wilayah perbatasan.

Liputan6.com, Haram: Menjelang gencatan senjata di Suriah dalam menyambut Iduladha, kekerasan kembali terjadi di wilayah perbatasan. Asap mengepul dari kota perbatasan Suriah, Haram, Selasa (23/10). Bahkan, suara ledakan dan tembakan berkelanjutan bisa terengar dari desa Turki terdekat.
 
Sayangnya, jumlah korban dalam insiden terbaru belum bisa dipastikan. Pertempuran antara rezim Bashar al-Assad dan oposisi memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Akibatnya, korban tewas dalam konflik berkepanjangan ini sedikitnya 30 ribu orang.
 
Mediator konflik Suriah Lakhdar Brahimi telah mengadakan pembicaraan dengan kedua kelompok yang bertikai di Damaskus, beberapa hari silam. Ia mengusulkan pasukan Assad dan para pemberontak melakukan gencatan senjata selama liburan tiga hari Islam Iduladha yang dimulai pada 26 Oktober mendatang.

Soal gencatan senjata, Assad memang mendukung. Namun kala Utusan PBB-Liga Arab, Lakhdar Brahimi menanyakan soal bersedia atau tidaknya, Assad tak memberikan jawaban.(Reuters/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini