Sukses

Obama: Soal Kebijakan Luar Negeri, Romney Tidak Tahu Apa-apa

Kandidat calon presiden petahana Barack Obama menuding rivalnya, Mitt Romney, tidak tahu apa-apa mengenai kebijakan luar negeri AS.

Liputan6.com, Washington DC: Kebijakan luar negeri menjadi fokus debat sesi ketiga atau terakhir dalam pemilihan presiden AS. Dalam debat di Boca Raton, Florida, Selasa (22/10), waktu setempat, kandidat petahana Barack Obama menuding Mitt Romney tidak tahu apa-apa soal kebijakan luar negeri AS.
 
"Anda belum pernah mengalami di posisi yang mengatur kebijakan luar negeri. Hal yang Anda ajukan sebagai upaya pemerintah terhadap dunia internasional selalu salah," kata Obama kepada Romney.
 
Seperti dilansir Guardian, Romney menyatakan pemerintahnya nanti mendukung invansi ke Irak. Mantan gubernur Massachusetts ini juga menentang penarikan militer AS dari Irak dan Afghanistan. Hal inilah yang Obama sebut sebagai kebijakan luar negeri yang salah.
 
Dalam debat yang dipandu jurnalis senior CBS News Bob Schieffer ini, Romney mengatakan, militer AS tidak sekuat seperti yang dulu. Menurut calon presiden dari Partai Republik itu, angkatan laut AS kini adalah yang paling lemah sejak 1917. Sementara, angkatan udara AS juga tidak setangguh dibandingkan kondisi saat dibentuk pada 1947. (YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.