Sukses

Menteri Agama Ancam Biro Haji Nakal

Terkait maraknya penipuan terhadap calon haji, Menteri Agama Suryadharma Ali mengancam biro penyelenggara haji nakal dengan mencabut izinnya bila melanggar aturan pemerintah.

Liputan6.com, Mekkah: Terkait maraknya penipuan terhadap calon haji, Menteri Agama Suryadharma Ali mengancam biro penyelenggara haji nakal dengan mencabut izinnya bila melanggar aturan pemerintah. 
 
Dalam catatan Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, pelanggaran terjadi lantaran tindakan biro penyelenggara haji khusus yang tidak menyetorkan uang jemaah ke kas negara. Padahal dana itu penting guna menjamin jemaah mendapat tempat dalam penyelenggaraan haji tersebut. 
 
Dari Mekkah, Arab Saudi, Menteri Agama Suryadarma Ali menyatakan pihaknya terus melakukan langkah-langkah antisipasi agar kasus penipuan tidak kembali terulang. Untuk itu, biro perjalanan haji diminta memenuhi syarat yang ditentukan pemerintah. 
 
Suryadharma berharap polisi bisa menangani masalah ini. Sebelumnya pemerintah telah memberikan sanksi terhadap 15 biro penyelenggara haji khusus yang tidak bertanggung jawab terhadap jemaahnya. Sanksi yang diberikan beragam, mulai dari teguran hingga pencabutan izin operasional. Untuk mencegah terjadinya penipuan, masyarakat diimbau agar berhati-hati dalam memilih perusahaan penyelenggara haji.(ALI/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini