Sukses

Golkar: Dugaan Korupsi Yance Tidak Menghalangi Pencalonannya

Ketua Balitbang Partai Golkar Indra J Piliang mengatakan partainya tidak mempermasalahkan kasus dugaan korupsi yang dihadapi Mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syarifuddin alias Yance. Golkar tetap mendukung Yance di Pilkada Jawa Barat 2013 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Balitbang Partai Golkar Indra J Piliang mengatakan, partainya tidak mempermasalahkan kasus dugaan korupsi yang dihadapi Mantan Bupati  Indramayu Irianto MS Syafiuddin alias Yance. Yance diduga terlibat korupsi pembebasan tanah pembangunan Proyek PLTU 1 Indramayu, Jawa Barat.

Indra menegaskan Golkar tetap mendukung pencalonan Yance dalam Pilkada Jawa Barat 2013. Terlebih, pencalonan Yance yang didukung penuh Ketua Umum  Partai Golkar Aburizal Bakrie.

"Ya, Pak Yance sudah menyatakan siap menghadapi kasus tersebut. Hal ini telah diungkapkan ke pengurus DPP, termasuk Ketua Umum Partai Golkar. Logistik dan segala macam untuk Pilkada juga sudah siap," ujar Indra dalam diskusi "Adu Figur atau Adu Partai?" di Gedung DPD Komplek MPR/DPR, Senayan, Jumat (19/10).

Indra menambahkan, Golkar kini fokus untuk memenangkan Yance serta mengantisipasi upaya pihak tertentu yang ingin menjegal Yance dalam Pilkada Jabar.

Kasus korupsi proyek PLTU 1 Indramayu menyangkut dugaan penyelewengan dana dalam pembebasan lahan untuk proyek pada 2004. Lahan tersebut seluas 82 hektare di Desa Sumur Adem, Kecamatan Sukra.

Panitia pembebasan lahan diduga menggelembungkan nilai harga jual, yaitu dari Rp 22 ribu per meter persegi menjadi Rp 42 ribu. Akibatnya negara diduga mengalami kerugian Rp 42 miliar. Kejaksaan Agung menetapkan Yance sebagai tersangka pada 2010. Sampai sekarang kasus tersebut mandek. Alasannya, Kejaksaan Agung masih menunggu putusan tiga tersangka lain di tingkat kasasi setelah di tingkat pertama divonis bebas.(ADI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.