Sukses

Korban Bom Bali yang Makin Terlupakan

Satu dekade peristiwa bom Bali I diperingati. Kini, banyak yang terlupakan dari tragedi ini salah satunya nasib korban bom yang harus berjuang sendiri menyembuhkan luka-luka tanpa bantuan pemerintah Indonesia.

Liputan6.com, Bali: Hari ini, tepat 10 tahun peristiwa memilukan bom Bali I terjadi. Peringatan satu dekade tragedi berdarah itu digelar di sejumlah tempat di Pulau Dewata yang menjadi surga para turis asing maupun lokal.

Sayangnya, banyak yang terlupakan dari tragedi ini. Seperti nasib Chusnul Chotimah, seorang korban bom Bali I. Masih membekas dalam ingatannya bagaimana dahsyatnya bom di Paddy's Pub yang melukai sekujur tubuhnya.

Sejak peristiwa itu, Chusnul mengaku harus berjuang sendiri mengobati luka-luka. Bagi dia, berharap bantuan dari pemerintah hanya sebuah mimpi. Bahkan, sebagian korban bom Bali I merasa lebih banyak mendapatkan bantuan dari pemerintah Australia ketimbang dari Indonesia.

Contohnya, pada peringatan satu dekade bom Bali I ini. Ia bisa terbang dari Surabaya, Jawa Timur, ke Bali, berkat bantuan biaya dari sebuah televisi Australia. Saksikan kisah lengkap kehidupan Chusnul dalam video di bawah ini.(APY/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.