Sukses

Panwaslu Akan Kaji Aksi "Sawer" Uang

Aksi sawer uang dari tim sukses dalam kampanye cagub dan cawagub DKI Jakarta Foke Nara dilihat petugas Panwaslu Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Kasus ini nantinya akan dikaji terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta: Tim Sukses calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) dan Nachrowi Ramli (Nara) terlihat menyawer uang ke grup penyanyi ibu-ibu dalam kampanye. Aksi sawer itu juga dilihat petugas Panwaslu Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Poltak Limbong. Panwaslu nantinya akan mengkaji aksi sawer tersebut.

"Kita memang saksikan sendiri, itu ada saweran. Itu kita foto semua. Kita nanti ada laporannya ya," kata Limbong saat ditemui di acara Kampanye Foke-Nara di Kawasan Jl Kelapa Dua Wetan I D/8 RT 003/05 Kelapa Dua Wetan Ciracas Jakarta Timur, Selasa (26/6).

Limbong menjelaskan, bentuk saweran yang dibagikan oleh tim sukses Foke-Nara ke beberapa ibu-ibu tersebut dinilai bagian dari politik uang. Karena itu, pihaknya akan mengkaji hal tersebut sebelum akan dilaporkan ke Panwaslu Pusat.

"Itu termasuk kampanye politik uang. Nanti kita kaji dulu, itu sudah kita ambil melalui foto. Itu akan kita laporklan ke Panwaslu pusat," ungkapnya.

Sebelumnya telah diberitakan Kampanye Foke-Nara yang digelar dengan panggung kurang lebih 5X4 meter ini di Jl Kelapa Dua Wetan I D/8 RT 003/05 Kelapa Dua Wetan Ciracas Jakarta Timur menampilkan beberapa hiburan masyarakat mulai dari pantun hingga nyanyian yel-yel dukungan terhadap sang calon.

Saat ibu-ibu dari Forum Bersama Jakarta (FJB) bernyanyi yel-yel Foke-Nara, beberapa orang Tim Sukses Foke-Nara terlihat membagi-bagikan uang kepada ibu-ibu tersebut di atas panggung.(MEL)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini