Sukses

Presiden Didesak Putuskan Hubungan dengan Malaysia

Malaysia dianggap sering merugikan Indonesia, dari mengklaim pulau hingga kesenian. Pemerintah didesak putuskan diplomatik dengan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta: LSM Benteng Demokrasi Rakyat (BENDERA) mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintah Malaysia. Pasalnya, Malaysia kerap mengklaim kesenian, kebudayaan, dan kekayaan alam Indonesia.

"Putuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia, SBY jangan lembek," kata Koordinator BENDERA Mustar Bonaventura di Jakarta, Senin, (18/6).

Bonaventura menilai Negeri Jiran itu sering merugikan Indonesia, seperti mengklaim wilayah dan pulau di perbatasan, menghina lagu kebangsaan, dan menyiksa hingga membunuh TKI yang bekerja di sana. Terakhir tarian tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan dari Mandailing, Sumatra Utara, juga diklaim Malaysia.

Menurut Bonaventura, hal ini tidak lepas dari sikap Presiden yang tidak tegas. "Diamnya pemerintah Indonesia dalam hal ini SBY, seperti tidak punya nyali menghadapi Malaysia yang sudah sangat kurang ajar terhadap bangsa Indonesia," jelasnya.

Bonaventura menambahkan kejadian ini sebagai bukti pemerintahan SBY gagal menjaga pulau-pulau, budaya, dan keselamatan TKI. Menurutnya, jika menyadari kegagalannya maka sebaiknya SBY mundur dari jabatan.

"Kami menyerukan putuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia," pungkasnya.(ADI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.