Sukses

Peluncuran Railbus Batara Kresna Diundur

Peluncuran railbus Batara Kresna yang direncanakan 20 Mei, harus mundur satu bulan hingga 20 Juni mendatang.

Liputan6.com, Solo: Peluncuran railbus Batara Kresna yang direncanakan 20 Mei, harus mundur satu bulan hingga 20 Juni mendatang. Penyebab mundurnya peluncuran railbus ini disebabkan belum adanya petugas masinis yang ditunjuk untuk menjalankan railbus satu-satunya di Indonesia ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Herman Sudrajat, belum lama ini. Herman menuturkan, dalam satu bulan ke depan 10 masinis menjalani pelatihan untuk mendapatkan sertifikat sebagai masinis railbus. Dengan demikian masuk 20 Juni nanti siap dijalankan.

Sementara Direktorat Jenderal Perkeretaapian menjamin, kereta ini akan resmi dioperasikan pada 20 Juni nanti dan tak molor lagi.

Penetapan 20 Juni ini diputuskan dalam pertemuan Dirjen Perkeretaapian dan Kementrian Perhubungan beberapa waktu silam di Jakarta. PT KAI selaku operator kereta ini memastikan sudah memberi kesanggupan jalan pada tanggal itu. Hal ini dipastikan mengingat saat ini peluncuran railbus ini dinantikan banyak pihak.

Railbus Batara Kresna ini direncanakan dijalankan dengan rute awal Sukoharjo, Solo, Yogjakarta. Untuk tahap awal tarif kereta modern ini memakai tarif tanpa subsidi dengan besaran Rp 10 ribu untuk Sukoharjo-Solo dan Rp 20 ribu untuk Solo-Yogjakarta.

Tarif ini akan diturunkan bila subsidi dari Kemenhub diturunkan. Dalam sehari kereta ini akan dioperasikan tiga kali yaitu pagi, siang, dan sore hari menyesuaikan dengan jadwal kereta Prambanan Ekspress.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini