Sukses

Banjir Rendam 389 KK di Tayan Hulu

Tingginya curah hujan akhir-akhir ini menyebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Sanggau kebanjiran, seperti di daerah Sosok I, Kelingking dan Tonggong.

Citizen6, Sanggau: Tingginya curah hujan akhir-akhir ini menyebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Sanggau kebanjiran. Seperti halnya yang terjadi di Sosok I, Kecamatan Tayan Hulu. Sedikitnya 389 Kepala Keluarga (KK) yang berada di wilayah tersebut termasuk beberapa desa terdekatnya, direndam banjir yang datang tiba-tiba pasca turun hujan beberapa hari terakhir.

Berdasarkan informasi staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Sangapta Barus, yang turun ke lokasi banjir, selain Sosok I, juga ada beberapa desa lainnya yang terkena banjir. Daerah tersebut diantaranya Kelingking dan Tonggong yang merupakan bagian dari Desa Menyabo. Sangapta Barus menambahkan untuk daerah Kelingking sebanyak 45 KK yang terkena dampak banjir, untuk Tonggong sebanyak 15 KK sementara di Sosok I sendiri sebanyak 329 KK.

Banjir tidak hanya merendam Kecamatan Tayan Hulu, tetapi beberapa kecamatan lainnya seperti Kembayan, Balai dan Beduai juga bernasib sama. Meski begitu tidak ada warga yang mau mengungsi walaupun banjir telah merendam rumah warga. "Warga enggan mengungsi kecuali banjir sudah menyentuh atap rumah," kata Barus.

Bukan hanya itu, banjir juga merendam halaman SD Negeri 33 Telabang Kecamatan Tayan Hilir. Namun banjir tidak menghambat proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Berdasarkan pengakuan warga, banjir di sekolah tersebut dalam setahun dapat terjadi hingga dua atau tiga kali. (Pengirim: Indra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini