Sukses

Dewan Gereja Dunia Kunjungi GKI Yasmin

Menurut Pendeta Altmann, dunia menaruh perhatian terhadap kasus bentrokan jemaat GKI Yasmin dan Satpol PP Bogor. Dia berharap kedamaian bisa terjalin di Indonesia.

Liputan6.com, Bogor: Utusan Dewan Gereja se-Dunia Pendeta Walter Altmann berkunjung ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/10). Kunjungan terkait bentrokan antara jemaat gereja dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor, belum lama ini.

Saat Altmann berkunjung, GKI Yasmin Bogor masih dalam kondisi disegel. Ratusan personel gabungan, TNI/Polri dan Satpol PP Kota Bogor terlihat berjaga-jaga di sekitar gereja yang terletak di Jalan KH Abdullah bin Nuh Yasmin untuk menjaga keamanan Altmann.

Menurut Pendeta Altmann, dunia menaruh perhatian terhadap kasus bentrokan jemaat gereja dan Satpol PP. Dia berharap kedamaian bisa terjalin di Indonesia. "Hubungan antara Kristen dan Muslim itu sangat penting untuk menjadikan dunia yang damai," kata Altmann.

Altmann juga heran dengan sikap Pemkot Bogor yang berkeras menyegel GKI Yasmin. Padahal pada tahun 2010, Mahkamah Agung sudah mengukuhkan izin pendirian bangunan gereja tersebut. Sebelum meninggalkan GKI Yasmin, Altmann dan sejumlah jemaat melakukan doa bersama.

Di tempat terpisah, Menteri Agama Suryadharma Ali menilai, kasus ini bukan persoalan agama. Tetapi lebih persoalan izin bangunan.

Sebelumnya kericuhan terjadi saat Satpol PP membubarkan jemaat yang melakukan kebaktian di bahu jalan. Sebaliknya jemaat menuding Pemkot Bogor tak menjalani keputusan Mahkamah Agung soal izin pendirian gereja.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.