Sukses

Pemudik Luar Jawa Berdatangan

Lonjakan penumpang arus mudik mulai terjadi di Pelabuhan Tanjungperak, Surabaya, dan Pelabuhan Merak, Banten.

Liputan6.com, Surabaya: Kegairahan untuk pulang kampung atau mudik terlihat di berbagai pelabuhan di Indonesia yang mengalami lonjakan penumpang. Delapan hari menjelang Lebaran, arus mudik menggunakan kapal dari luar Jawa menuju Pelabuhan Tanjungperak, Surabaya, Jawa Timur, mulai ramai.

Senin (22/8) pagi, tiba dua kapal Safira Nusantara dan Dora Londa dari Balikpapan yang mengangkut ribuan penumpang. Puncak arus mudik ke Pelabuhan Tanjungperak diperkirakan terjadi empat hari jelang Lebaran.

Demikian pula yang terlihat di Pelabuhan Merak, Banten. Lebih dari 30 ribu orang diseberangkan ke Pulau Sumatra menggunakan 27 kapal roro untuk pagi hari saja. Warga mengaku memilih mudik lebih awal untuk menghindari antrean di jalan dan kepadatan di dalam kapal.

Sementara itu, meningkatnya jumlah pemudik membuat pemerintah membuat sejumlah persiapan. Lima posko kesehatan didirikan untuk melayani pemudik yang memiliki masalah dengan kesehatannya. Posko ini dilengkapi dengan tabung oksigen dan obat-obatan.

Meski jumlah penumpang mulai meningkat, ASDP Merak belum mengerahkan seluruh armada kapal roro, karena sebagian kapal masih menjalani perbaikan dan perawatan.(ADO)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini