Sukses

Puan Maharani: PDIP Sudah Punya Nama Cawapres Jokowi

Puan menjelaskan, nama-nama cawapres Jokowi dikantongi oleh Megawati adalah hasil konsolidasi internal kepartaian.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua (nonaktif) DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani menyebutkan, nama-nama calon wakil Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019 sudah di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Insyaallah kita sudah punya nama, tidak mungkin kita enggak punya nama, namun nanti siapa diusulkan, itu keputusan nanti disampaikan Ibu Ketum setelah berbicara dengan Calon Presiden 2019 Pak Jokowi," ujar Puan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Jakarta Pusat, Jumat 23 Maret 2018.

Puan menjelaskan, nama-nama dikantongi oleh Megawati adalah hasil konsolidasi internal kepartaian. Menurut dia, secara rutin partai berlambang kepala banten moncong putih ini sudah mengadakan perundingan yang sifatnya tertutup.

"PDIP pasti iya. Itu kan silaturahmi komunikasi politik dan melihat rekam jejak cawapresnya itu harus bisa bekerjasama, mempunyai pikiran visi misi founding father, dan itu tentu harus klop," jelas Menko PMK ini.

Puan pun menilai, waktu empat bulan menuju masa pencapresan masih panjang. Karena itu, pihaknya enggan terburu-buru membocorkan siapa sosok yang didaulat menjadi cawapres Jokowi pada Pilpres 2019.

"Tapi kan sekarang masih empat bulan lagi, kalau disampaikan empat bulan itu pendek, ya buat kami (PDIP) itu panjang, tapi Insyaallah kita sudah punya nama," tandas Putri Megawati ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria Cawapres

PDIP telah mendeklarasikan akan mengusung Jokowi menjadi capres dalam Pilpres 2019. Siapa pendamping Jokowi dalam pesta demokrasi itu, belum dicetuskan. PDIP sendiri memiliki sejumlah kriteria untuk cawapres Jokowi pada Pilpres 2019.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan, cawapres Jokowi harus memiliki gagasan terbaik untuk kemajuan bangsa. Jokowi telah melakukan yang terbaik untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Berbagai indikator perekonomian menunjukkan arah yang positif. Misalnya, kata dia, inflasi relatif rendah, harga komoditas primer seperti batu bara mulai mengalami kenaikan, demikian halnya kelapa sawit.

Dia yakin harapan rakyat semakin tinggi terhadap perekenomian ke depan. Oleh karena itu, dia berharap agar cawapres Jokowi mampu memajukan bangsa.

"Mengingat pentingnya persoalan perekonomian tersebut, maka siapa pun yang akan berkontestasi untuk Pilpres 2019 sebaiknya menyampaikan gagasan terbaiknya untuk kemajuan bangsa dan negara. PDIP menegaskan siapa pun cawapres Pak Jokowi maupun siapa yang akan menjadi calon Presiden yang dicalonkan partai lain, tidak cukup hanya berbicara figur semata," kata Hasto, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Selasa 13 Maret 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.