Sukses

Anies Baswedan Bantah Penutupan Alexis Dilakukan Sore Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah rencana penutupan Alexis Kamis (22/3/2018) sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah rencana penutupan Alexis Kamis (22/3/2018) sore ini. Pernyataannya itu sekaligus membantah pernyataan Wakil Kepala Satpol PP DKI, Hidayatullah.

Hidayatullah sebelumnya membenarkan rencana penutupan Alexis yang tertuang dalam Surat Satpol PP DKI bertanggal 22 Maret 2018.

"Penutupan apa? Tanya saja sama wakilnya (Satpol PP)," kata Anies di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

Namun, dia membenarkan adanya rencana penutupan itu. Dia juga memastikan penutupan tersebut bakal sesuai dengan landasan hukum.

"Dan saya tegaskan lagi soal usaha hiburan, saya lakukan dengan landasan hukum yang jelas. Anda jangan pernah khawatir saya bertindak tanpa ada aturan. Kenapa kita menyusun pergub? Kenapa prosesnya itu panjang? Karena kita ingin tindak tegas. Dan jangan sekali-kali mencoba kucing-kucingan," ujar Anies.

Dia menyebut Pemprov DKI tidak hanya akan menertibkan satu tempat hiburan. "Dan bukan hanya satu tempat. Nanti ada beberapa tempat," ucap Anies.

Mantan Mendikbud itu tidak membenarkan alasan rencana penutupan Aexis lantaran ada laporan warga dan media massa soal aktivitas di sana. "Nanti akan saya jelaskan semuanya. Saya tidak akan jelaskan sesuatu yang belum dieksekusi," lanjut dia.

Anies pun berencana mendisiplinkan SKPD yang membocorkan penutupan Alexis dan memberi peringatan Wakil Kepala Satpol PP yang membenarkan penutupan pada media.

"Nanti wakilnya saya kasih peringatan. Tanya sama dia,"ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Alexis

Juru Bicara Alexis Lina mengatakan, belum mendapatkan informasi terkait rencana penutupan seluruh unit usaha Alexis yang berada di Jalan RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara.

"Belum ada mas," kata Lina kepada Liputan6.com, Jakarta Utara, Kamis (22/3/2018).

Lina menambahkan, sampai sejauh ini tidak ada pihak pemerintah provinsi baik dari dinas pariwisata maupun Satpol PP terkait informasi penutupan.

"Belum ada," imbuh dia.

Pantauan Liputan6.com, Kamis sore sekitar pukul 17.00 WIB, di depan area parkir dan lobi hotel sepi. Hanya ada satu mobil sedan hitam parkir menghadap ke jalan. Sementara itu ada sekitar lima orang berpakaian safari berjaga di lobi hotel.

Saat ini diketahui ada dua unit usaha Alexis yang masih berjalan di Ancol. Pertama 4Play yang diklaim menjalankan bisnis restoran dan bar. Kedua yaitu Xis yang diklaim sebagai bisnis karaoke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.