Sukses

Keripik Daun, Sensasi Rasa dan Manfaat Kesehatan

Jika dulu Sri Aminah hanya bisa menjual tiga sampai lima kilogram keripik daun sirih, kini bisa sampai 50 kilogram. Pemasarannya sampai ke Cikampek, Jawa Barat, dan Tangerang, Banten. Keripik daun sirih tahan sampai dua bulan.

Liputan6.com, Yogyakarta: Sri Aminah, warga Prambanan, Yogyakarta, berhasil menyulap daun sirih menjadi makanan yang bergizi. Dia bersama ibu-ibu lain di tempat tinggalnya membuat keripik daun sirih yang kini banyak digemari masyarakat.

Menurut Sri Aminah, baru-baru ini, awalnya dia hanya ingin memanfaatkan dedaunan di sekitar rumah. Di antaranya daun bayam, daun singkong, daun seledri, daun kemangi, dan daun sirih. Daun tersebut dibuat menjadi keripik. Ini untuk menyiasati anak-anak yang kurang senang makan sayur. Dengan mengubahnya menjadi keripik, dia berharap anak-anak menjadi suka makan sayur.

Saat ini, kata Sri Aminah, dirinya dan ibu-ibu tengah mengembangkan keripik daun sirih. Hal ini karena daun sirih banyak manfaatnya untuk kesehatan. Dari menghilangkan gatal-gatal sampai mengurangi keputihan untuk wanita.

Membuat keripik daun sirih tak sulit. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan, seperti garam, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan kemiri. Sri Aminah juga menambahkan telur untuk memunculkan rasa gurih. Semua bumbu itu dicampur dengan tepung beras. Setelah diaduk rata, baru digoreng.

Hasilnya, keripik daun sirih disukai masyarakat. Ini membuat pendapatan Sri Aminah dan ibu-ibu lain bertambah tanpa harus meninggalkan rumah. Mereka juga bisa memanfaatkan hasil lingkungkannya. Jika dulu Sri Aminah hanya bisa menjual tiga sampai lima kilogram keripik daun sirih, kini bisa sampai 50 kilogram. Pemasarannya sampai ke Cikampek, Jawa Barat, dan Tangerang, Banten. Keripik daun sirih tahan sampai dua bulan.

Untuk bertahan, Sri Aminah kini tengah mempersiapkan inovasi lain. Dia tengah menjajaki membuat keripik dari bokol pisang dan ubi.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini