Sukses

Anies Ajak Warga Salat Saat Gerhana Bulan Total 31 Januari

Untuk wilayah Jakarta, terdapat tujuh tempat yang cocok untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi pada 31 Januari 2018 dan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak umat Islam di Ibu Kota untuk melakukan salat gerhana ketika GBT terjadi.

Anies mengimbau melalui surat edaran ke masjid-masjid untuk melaksanakan salat gerhana.

"Saya minta Kabiro Dikmental untuk menyebarkan edaran kepada masjid-masjid berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan disertai ajakan dan panduan untuk menunaikan salat gerhana secara syar’i," kata Anies dalam keterangan tertulis yang diterima.

Untuk wilayah Jakarta, terdapat tujuh tempat yang cocok untuk menyaksikan fenomena tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan, ketujuh tempat itu ialah Planetarium Taman Ismail Marzuki, Tugu Monas, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, dan Taman Fatahillah, Kepulauan Seribu, Taman Mini Indonesia Indah, dan Ancol.

"Kalau di Ancol, cukup membayar gerbang Ancol dapat menikmati fenomena gerhana bulan di pinggir pantai," kata Tinia di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/1/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berakhir Pukul 23.00 WIB

Gerhana Bulan Total (GBT) diperkirakan akan terjadi pada 31 Januari pukul 19.51 WIB dengan puncaknya pukul 20.29 WIB. Gerhana bulan itu akan berakhir pada pukul 23.00 WIB.

Saat fenomena istimewa GBT juga akan terjadi Supermoon dan Blood Moon. Supermoon terjadi karena jarak bulan sangat dekat dengan bumi. Karena itu, purnama dan gerhana tampak lebih besar dari biasanya.

Sementara Blood Moon karena saat gerhana total, bulan tampak merah seperti darah. GBT Blood Moonpernah terjadi pada 152 tahun silam. Tepatnya pada 31 Maret 1866.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Gerhana Bulan adalah fenomena alam berupa gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan.

    Gerhana Bulan

  • Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.
    Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.

    Gerhana Bulan Total