Sukses

JK: Batik Tanda Persahabatan Tulus Indonesia-Jepang

JK berharap rangkaian kegiatan Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang ini dapat membawa manfaat bagi kedua dua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri upacara pembukaan Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat.

Tidak hanya Wapres, acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi RI. Terlihat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara dari pihak Jepang terlihat Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai dan Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii.

Menariknya, semua peserta acara ini mengenakan batik. Hal ini pun disinggung oleh JK dalam pidatonya.

"Semua hadirin memakai batik. Itu tanda persahabatan yang tulus antara Indonesia dengan Jepang," kata JK, Sabtu (20/1/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan JK

Dia juga mengingatkan kembali bahwa Hotel Indonesia memiliki peranan penting dalam hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang.

"Karena dibangun oleh Jepang yang berhubungan diplomasi dengan Indonesia," ucap JK.

JK mengaku bahagia menyaksikan penyelenggaraan Peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Dia berharap, rangkaian kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi kedua dua negara.

"Karena ini sangat penting, kita merencanakan hubungan yang baik 100 tahun yang akan datang," ujar JK.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.