Sukses

Semarak Festival Rakyat Morowali

Festival Bajo Pasangkayang diikuti ribuan rakyat suku Bajo di Pulau Kalaroan, Kabupaten Morowali, Sulteng. Pesta ini akan dimasukkan dalam agenda pariwisata internasional.

Liputan6.com, Morowali: Banyak cara mempertahankan tradisi leluhur. Salah satunya menggelar pesta rakyat seperti yang dilakukan ribuan rakyat suku Bajo di Pulau Kalaroan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Ahad (27/2). Mereka biasa menyebut pesta rakyat itu Festival Bajo Pasangkayang.

Pagelaran festival rakyat suku Bajo kali pertama ini ditandai dengan pengibaran bendera suku bajo. Suara terompet dari kerang ala suku Bajo juga meramaikan festival. Anak-anak hingga orang dewasa antusias mengikuti festival tersebut.

Melihat antusias warga, Kementrian Perikanan dan Kelautan akan menjadikan festival suku Bajo dalam agenda pariwisata internasional.

Potensi rumput laut yang dikembangkan suku Bajo juga menjadikan Kabupaten Morowali sebagai minapolitan percontohan yang berbasis perikanan budidaya dengan komoditas rumput laut. Bahkan pada 2014 produksi rumput laut ditargetkan mencapai 10 juta ton.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.