Sukses

Jumlah Pasien Difteri di RSPI Sulianto Saroso Jakarta Terus Bertambah

KPAI juga mempertanyakan kualitas vaksin DPT karena ternyata banyak yang terkena difteri meski sudah divaksin.

Fokus, Jakarta - Setiap hari Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso menerima pasien difteri baru dari wilayah Jabodetabek. Sejak Jumat pagi hingga siang bahkan sudah menerima 16 pasien baru sehingga total pasien mencapai 73 orang.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Sabtu (16/12/2017) dari jumlah tersebut 48 diantaranya adalah pasien anak. Pasien terbanyak berasal dari wilayah DKI disusul Tangerang, Depok, Bogor dan Bekasi. Peningkatan drastis terjadi dalam minggu ini yaitu mencapai 63 orang.

Para pasien kini ditangani oleh tim dokter khusus dan ditempatkan di ruang isolasi karena penyakit yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium ini mudah menular lewat percikan air ludah. Bakteri dengan mudah menular lewat mainan, handuk, dan sentuhan langsung si penderita.

Sementara itu, Ketua KPAI Susanto Jumat siang mendatangi RSPI. Mereka ingin memastikan kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien difteri terutama dari kalangan anak-anak.

KPAI juga mempertanyakan kualitas vaksin DPT karena ternyata banyak yang terkena difteri meski sudah divaksin. Berdasarkan keterangan dari keluarga 15 pasien yang tengah dirawat ternyata penderita sudah divaksin DPT secara lengkap.