Sukses

Bertolak ke Turki, Jokowi Akan Bahas Yerusalem

OKI akan menggelar sidang khusus menyusul langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Hal ini menyusul pengakuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Saya dan rombongan hari ini akan bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI mengenai Palestina," ujar Jokowi di Base Ops Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017).

Jokowi beserta rombongan bertolak menuju Turki dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Sejumlah menteri turut mendampingi Jokowi menghadiri KTT OKI di Istanbul, Turki. 

OKI akan menggelar sidang khusus menyusul langkah kontroversial Donald Trump itu. 

Dalam forum itu, OKI juga mengutuk segala rencana dari berbagai pihak, termasuk AS, yang memberikan Israel kontrol, kewenangan, dan kekuasaan terhadap status Yerusalem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Jengkel

Presiden Jokowi mengaku sangat terkejut atas sikap Presiden Amerika Serikat tersebut. Bahkan, dia juga mengaku geram atas sikap Donald Trump tersebut.

"Kita ini kan sedang berbicara dalam forum-forum internasional mengantisipasi sikap Korea Utara. Eh ternyata dikejutkan sikap yang satunya lagi, pemerintah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Ini sungguh sangat mengejutkan, menjengkelkan, mendongkol," kata Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Jumat 8 Desember 2017.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.