Sukses

Jokowi yang Tak Berubah: Sepatu Murah dan Dasi Murahan

Tidak hanya dalam menu makanan, cara berpakaian mantan Wali Kota Solo ini pun tidak berubah sejak menjabat Wali Kota Solo hingga sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah pribadi yang tidak pernah berubah, mulai saat menjadi kepala daerah sampai dengan presiden.

"Sekarang jadi presiden makannya ya sama itu juga. Makan di Istana pun ya makan yang sering dimakan waktu jadi gubernur: kepala ikan di Kemayoran, seafood di Kelapa Gading, atau warteg di deket Pluit, lalu di bawa ke Istana ya makannya itu," ujar Tjahjo dalam diskusi 'Gaya Komunikasi Jokowi: Membangun Budaya Dialogis dalam Masyarakat Pluralis' di Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta (11/12/2017).

Tidak hanya dalam menu makanan, cara berpakaian mantan Wali Kota Solo ini pun tidak berubah sejak menjabat Wali Kota Solo hingga sekarang menjadi presiden.

"Tidak berubah mulai dari Wali Kota sampai sekarang pakaiannya ya itu aja. Tidak pernah pakai jam, sepatunya sepatu murah, dasi ya dasi murahan," kata Tjahjo.

Mengomentari gaya komunikasi Jokowi yang terkenal unik, Tjahjo mengungkap bahwa semua yang dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta itu adalah cerminan asli dari Jokowi.

"Gaya komunikasi Pak Jokowi jelas, blusukan, membuat video kemudian vlogging," ungkap Tjahjo.

Menurut Tjahjo pendekatan komunikasi Jokowi cenderung bersifat non-konvesional sehingga unik. Jokowi juga tidak mengedepankan hal yang bersifat protokoler.

Keunikan lain Jokowi yang membekas adalah kerap memberikan pertanyaan dalam kunjungannya dan membagikan hadiah. Ia tidak ragu untuk melakukan kontak fisik dengan siapapun sehingga menurut Tjahjo tingkah presiden ini sering membuat kewalahan pasukan pengamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prinsip Jokowi

Sedangkan menurut anggota DPR Eva Kusuma Sundari, Jokowi memang tidak pernah berubah namun langkah komunikasi yang dilakukan justru semakin dalam. Jokowi mampu menyelami pikiran masyarakat dan memahami apa yang diingankan warganya.

Di sisi lain Tjahjo mengungkap rahasia kesuksesan gaya komunikasi Jokowi. Mantan Wali Kota Solo ini berpegang pada prinsip Bung Karno.

"Orang harus punya imajinasi dengan itu kita punya konsepsi-konsepsi besar, dengan itu kita punya keberanian," ujar Tjahjo mengutip Bung Karno.

Tak heran para pakar komunikasi pun menilai gaya komunikasi Jokowi mirip dengan Bung Karno yang selalu ingin dekat dengan rakyat. Perbedaannya adalah pada cara yang lebih modern.

Meskipun sering blusukan, presiden terus mendorong upaya komunimasi dengan masyarakat melalui media sosial. Jokowi tak segan bergerak mengorganisir masyarakat, bersentuhan dengan masyarakat dan mendengar aspirasi masyarakat.

Ciri khas lain gaya komunikasi Jokowi adalah adanya arus komunikasi timbal balik. Komunikasi dilakukan secara terbuka dan dua arah sehingga lebih efektif dalam membina empati dan kerja sama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.