Sukses

Sempat Terhenti, Bus Transpakuan Bogor Kini Beroperasi Lagi

Selain wajah baru, bus tersebut memiliki fasilitas lebih baik dibanding sebelumnya.

Liputan6.com, Bogor - Bus Transpakuan rute Cidangiang-Sentul City, Bogor, sempat tidak beroperasi sejak awal 2017. Namun kini bus itu telah beroperasi kembali.

Selain wajah baru, bus tersebut memiliki fasilitas lebih baik dibanding sebelumnya. Harga tiketnya pun naik menjadi Rp 10.000 dari Rp 6.000.

Ada empat armada bus yang dioperasikan hari ini. Keberangkatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan durasi 15 menit sekali.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Rachmawati mengatakan, bus Transpakuan rute Cidangiang-Sentul City ini dua di antaranya merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan. Dua unit lainnya rekondisi bus Transpakuan, yang sebelumnya dioperasikan pada rute yang sama.

"Keinginannya Oktober kemarin sudah dimulai, tapi karena administrasi bus belum selesai, jadi baru hari ini dioperasikan," kata Rachmawati, Rabu (22/11/2017).

Dioperasikannya kembali rute Cidangiang-Sentul City, sambung Rachmawati, karena banyaknya permintaan dari masyarakat Bogor. Karena sebelumnya, operasional bus berhenti akibat Perusahaan Daerah Jasa Transportasi selaku operator bus dibekukan akibat pailit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Koridor

"Dipilih rute ini lebih dulu karena lebih banyak peminatnya dan banyak permintaan," kata dia.

Ke depan, koridor 2 dan 3 juga akan dioperasikan kembali pada 2018, setelah sekitar 6 bulan menghilang. Namun, pengoperasian rute Baranangsiang-Bubulak dan rute Bubulak-Ciawi ini menunggu selesainya kelengkapan administrasi bus dan sarana prasarana seperti marka jalan dan halte bus.

"Dari 16 bus, ada 8 unit yang masih proses administrasi. Sisanya ini nanti untuk koridor 2 dan 3," kata Rachmawati.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.