Sukses

Ketua RT: Terduga Teroris Riau Jarang Berkumpul dengan Tetangga

Selama tinggal di sana, Ketua RT menyebut tidak ada gelagat mencurigakan dari terduga teroris AI.

Liputan6.com, Pekanbaru - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap empat terduga teroris di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, Riau. Salah satunya, AI alias BS yang baru enam bulan tinggal di sebuah perumahan di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Meski demikian, AI yang dikenal jarang bergaul dengan warga setempat itu, tetap melapor sebagai warga baru kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, Zainul Arifin. Dia menempati sebuah rumah kontrakan sejak pindah beberapa bulan lalu.

"Sudah enam bulan tinggal di sini, dia dari Lubuk Basung (Jambi)," kata Zainul di perumahan tersebut, Selasa (24/10/2017) siang.

Sewaktu melapor, AI tidak membawa surat pindah dari provinsi Jambi. Dia menyebut segera mengurusnya dan akan diserahkan kepada Zainul jika sudah siap suratnya.

"‎Katanya, sekarang sedang mengurus surat pindah. Waktu pindah dia lapor ke saya seperti itu," ujar Zainul.

Selama tinggal di sana, Zainul menyebut tidak ada gelagat mencurigakan dari AI. Dia juga tak menyangka pria yang tinggal bersama anak dan istrinya ini terlibat jaringan teroris.

"Tak ada yang mencurigakan meski jarang ngumpul dengan warga. Tapi kalau ada gotong royong, biasanya dia ikut," sebut Zainul.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Terduga Teroris

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo SIK menyebut‎ AI merupakan kaki tangan dari Wawan alias AA. Nama terakhir ini merupakan amir dari jaringan terduga teroris yang menamakan dirinya jemaah anshor daulah.

"Menamakan Jemaah Anshor Daulah dan masih ada hubungan dengan jaringan di Jambi yang ditangkap beberapa waktu lalu oleh Densus 88 juga," sebut Guntur.

Dari rumah AI, petugas menyita sejumlah dokumen, telepon genggam, buku tabungan dan buku berisi jaringan agama. Dia ditangkap di jalan dan langsung dibawa ke rumahnya untuk penggeledahan.

Selain AA dan AI, juga ditangkap terduga lainnya AB, dan AZ. Dua naman terakhir ditangkap di jalan juga dan langsung digeledah rumahnya di Tangkerang dan Kubang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.