Sukses

Peringati Hari Santri, 31 Komikus Siap Pecahkan Rekor

Sebanyak 31 komikus akan membuat komik terpanjang di atas kanvas sepanjang 300 meter dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 31 komikus akan membuat komik terpanjang di atas kanvas sepanjang 300 meter dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2017. Mereka pun siap mencatatkan kreasinya di Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri).

"Pencapaian ini akan dicatat Muri seiring peringatan Hari Santri pada 22 Oktober. Rekor sebelumnya adalah komik sepanjang 207 meter di Universitas Surabaya pada 2011," kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi di Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Menurut Zayadi, ke-31 komikus yang akan ikut ambil bagian berasal dari Jawa Tengah selaku tuan rumah. Selain itu juga dari Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan dari negara tetangga Malaysia.

"Mereka akan membuat komik yang berkisah tentang peran santri dalam sejarah Indonesia," ujar dia seperti dilansir Antara.

Zayadi mengatakan, dalam komik itu akan diceritakan mengenai peran santri sejak masuknya Islam ke Indonesia, era penjajahan, perang Jawa, perlawanan santri, berdirinya ormas Islam hingga resolusi jihad 22 Oktober 1945 dan perang 10 November 1945.

"Kerja mereka akan dikoordinatori oleh Direktur Rumah Kartun Indonesia Abdullah Ibnu Thalhah," ungkap Zayadi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga akan ikut ambil bagian dalam pembuatan komik ini. Menag akan menyumbang goresan dalam bentuk lafadz Allah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pad

    Hari Santri