Sukses

Jokowi Minta Gubernur NTB Hijaukan Bukit KEK Mandalika

Jokowi pun meminta semua pihak untuk tidak membohonginya dengan program penghijauan jutaan pohon yang tidak ada hasilnya.

Liputan6.com, Lombok - Presiden Jokowi meminta Pemda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pihak International Tourism Development Corporation (ITDC) menghijaukan bukit Senek. Bukit itu terletak di tengah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, Kute, Lombok Tengah.

Penghijauan perlu dilakukan agar bukit tersebut tak terlihat gersang dan tetap sejuk dipandang. Sebab, bukit tersebut menjadi daya tarik wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan Kute Mandalika ini.

"Saya titip kepada Gubernur NTB, Bupati Lombok Tengah, Pangdam dan Danrem untuk hijaukan kawasan yang ada di sana (Sambil menunjuk bukit). Ditanami biar hijau biar cantik kawasan ini," kata Jokowi saat meresmikan KEK Mandalika, Jumat (20/10/2017).

Ia mengakui banyak program penghijauan seperti penanaman ribuan bahkan jutaan pohon yang telah terlaksana sejak beberapa tahun yang lalu. Namun program penghijauan tersebut tak berhasil karena hanya dilaksanakan saat penanaman saja tanpa perawatan.

Karena itu Jokowi menugaskan agar seluruh pihak di bawah tanggung jawab ITDC melakukan penghijauan bukit tersebut. Bila perlu jutaan pohon akan dikirim untuk penghijauan di KEK Mandalika.

"ITDC nanti bertanggung jawab masalah ini. Tanaman mau minta berapa juta pun saya kirim. Tapi kalau menanam ya diurus jangan ditinggal, kita sering menanam satu juta pohon yang hidup cuma tiga. Mending menanam 10 ribu tapi hidup semuanya," kata Jokowi.

Jokowi pun meminta semua pihak untuk tidak membohonginya dengan program penghijauan jutaan pohon yang tidak ada hasilnya.

"Enggak usah bombastis sebut sejuta pohon atau semiliar pohon. Saya hapal kaya gitu-gitu, jangan bohongi saya. Saya orang lapangan kok dibohongi," kata Jokowi disambut gelak tawa dan tepuk tangan para tamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Positif

Jokowi menyatakan, ‎operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan memberikan dampak positif yang besar untuk masyarakat di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penyerapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 58 ribu orang.

"Proyek KEK Mandalika akan berdampak ke masyarakat. Ada yang bisa jualan cinderamata, buka warung makan, homestay. Kita sudah hitung, ada rekrutmen 58 ribu karyawan karena 8 investor hotel investasi sekitar Rp 13 triliun," ujar Jokowi.

Nilai investasi ini, diakui Jokowi, dapat dilipatagandakan hingga 3 kali lipat mengingat kawasan ini akan berkembang, sehingga memberikan dampak signifikan bagi masyarakat setempat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.