Sukses

Jenderal Gatot, Tito, dan Ahok Masuk Bursa Cawapres Jokowi?

Nama-nama tersebut berasal dari kalangan politikus, TNI, polisi, dan profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Pendukung atau relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tergabung dalam Projo atau Pro Jokowi, menjaring nama-nama yang beredar untuk calon Wakil Presiden di 2019. Ada tujuh nama yang disebutkan.

Ketua Umum Projo, Budi Ari Setiadi, mengatakan, nama-nama ini yang ditangkap oleh pihaknya. Meskipun tak jauh berbeda dari survei.

"Kita menyaring, menjaring siapa sih calon Wapres yang berkembang di masyarakat, calon Wapres yang tepat untuk pak Jokowi. Nama-nama yang beredar di berbagai survei," ucap Budi dalam diskusi Siapa Wapres Jokowi 2019 di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).

Ari memaparkan beberapa nama baik dari TNI, polisi, bahkan dari partai politik. Selain itu, ada juga dari kalangan profesional.

"Nama-nama yang beredar seperti Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Pak Gatot (Jenderal TNI), Pak Tito Karnavian (Kapolri), Pak Basuki atau Pak Ahok (mantan Gubernur DKI), Pak Muhaimin (Ketua Umum PKB), Pak Zulkifli (Ketua Umum PAN), dan Ibu Puan (Menko PMK)," tegas Budi.

Meski demikian, masih kata dia, Projo menyerahkan sepenuhnya siapa calon yang akan dipilih Jokowi nanti. Pihaknya akan mendukung sampai pemenangan 2019.

"Kita menyerahkan putusan politik itu kepada Pak Jokowi. Kita menyerahkan sepenuhnya kehendak rakyat. Kita hanya serahkan kepada rakyat. Projo selalu yakin Pak Jokowi akan menang di 2019," tandas Budi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.