Sukses

6 Rekayasa Perjalanan TransJakarta Urai Kemacetan Jakarta

Gubernur DKI Anies Baswedan meminta solusi kemacetan dari pengelola TransJakarta. Rekayasa rute dimulai senin pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberlakukan rekayasa rute pada jalur yang mengalami kemacetan akibat pembangunan enam proyek besar underpass. Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menyatakan, langkah itu diambil untuk mengurangi kemacetan di Jakarta.

Realisasi rencana itu akan dimulai Senin, 23 Oktober 2017. Budi menjelaskan, rekayasa dilakukan menyusul kunjungan Gubernur DKI Anies Baswedan ke lapangan di hari pertamanya bekerja.

"Pak Gubernur saat itu menuju ke Mampang dan memang salah satu poin (kemacetan) yang luar biasa," kata Budi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/10/2017).

Ia mencontohkan kemacetan dari Setiabudi ke Kuningan dapat memakan waktu tiga jam. Budi berharap rekayasa tersebut dapat mengobati rasa kekecewaan pengguna yang mengalami keterlambatan.

Rekayasa merupakan instruksi langsung dari Anies. Perubahan dilakukan pada jalur yang mengalami kemacetan akibat pembangunan enam proyek besar underpass.

"Dia (Gubernur) instruksikan Transjakarta, cari jalan keluar. Pembangunan tidak disetop. Udah jalan dan untuk kebaikan Ibu Kota juga," ujar dia.

Budi menjelaskan, rekayasa dilakukan pada jam-jam tertentu. Penerapannya akan mengikuti situasi lalu lintas di Jakarta.

"Belum tahu sampai kapan, kita sesuaikan saja nantinya. Karena kita untuk memberikan kepastian waktu tempuh," jelas Budi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute yang Direkayasa

Berikut ini rute rekayasa Transjakarta,

1. Rute Pulogadung-Harmoni akan melintasi Pulogadung-Bermis-Asmi keluar jalur-TransJ Lajur Kiri masuk koridor 10 terus ke Raeasari-TranJ Lajur kanan Pramuka BPKP (Masuk Koridor IV)-Pasar Genjing-Matraman Kanan Carolus-Pal Putih-Senen Atrium-RSPAD-Gambir1-lewat Istana-Harmoni

Untuk waktu pelayanan pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB

2. Rute PGC-Tanjung Priok

PGC-BKN-Halte Penas Masuk Tol Penas-Keluar Plumpang Pertamina-Wali Kota Jakarta Utara-Koja-Enggano-Tanjung Priok

Waktu pelayanan pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB

3. Tanjung Priok-PGC

Rute: Tanjung Priok-Enggano-Koja-Wali Kota Jakarta Utara-Plumoang-Sunter Artha Gadhing-Masuk Tol-Keluar Penas-Cawang Sutoyo-UKI-BKN-PGC. Pukul 06.00 WIB-09.00 WIB

4. Rute Cililitan-Dukuh Atas

Rute: UKI-Halte Pramuka BPKP Masuk kiri masuk koridor IV sampai dengan Dukuh. Pukul 06.00 WIB-09.00 WIB

5. Kampung Rambutan-Kampung, rutenya Kampung Rambutan-Putar Tanah Merdeka masuk Tol arah Cawang-UKI-BNN-Cawang Otista sampai dengan Kampung Melayu. Pukul 06.00 WIB-09.00 WIB

6. Monas-Ragunan

Monas-BI-Sarinah ampai dengaj Polda kiri Bunderan Senayan kiri Patimura-Mabes Kiri masuk jalur koridor 13 sampai dengan Tendean Mampang kiri sampai dengan Ragunan. Pukul 15.00 WIB-21.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.