Sukses

Kunjungi Sekolah, Anies Sebut Prioritaskan Kualitas Pendidikan

Menurut Anies, kemampuan membaca anak-anak di Ibu Kota juga masih di bawah capaian nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berkunjung ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 07 Pagi, Cawang, Jakarta Timur. Kata dia, hal itu untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa salah satu prioritas utama mereka adalah kualitas pendidikan.

Menurut Anies, angka partisipasi murni (APM) DKI Jakarta masih kurang dari 90 persen.

"Artinya 97 persen anak kita itu lulus SD, tapi begitu lulus SMP itu menurun jadi 87 dan begitu SMA itu menurun jadi 59. Sehingga akan kita tingkatkan bahwa dari SD bisa sekolah sampai tuntas hingga kelas 12," ucap Anies di Cawang, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).

Tak hanya itu, menurut Anies, kemampuan membaca anak-anak di Ibu Kota juga masih di bawah capaian nasional. Padahal, akses akan bahan bacaan di Jakarta tergolong lebih mudah.

Sehingga dalam kunjungannya itu, dia sekaligus untuk melihat langsung dan memastikan untuk kualitas terbaik anak.

"Tapi ternyata di sini kemampuan bacanya lebih rendah. Kita ingin Jakarta bukan hanya di atas rata-rata nasional," ujar dia.

Anies menambahkan, saat kunjungan ke sebuah sekolah, hal terpenting adalah kebahagiaan warga sekolahnya. Mulai dari siswa sampai gurunya.

"Anaknya bahagia atau tidak, gurunya bahagia apa tidak. Kalau dua-duanya bahagia, maka kita tinggal dorong proses belajar mengajarnya," jelas Anies.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan