Sukses

Periksa Pasukan di HUT TNI, Jokowi Disopiri Tentara Wanita

Bersama Komandan Upacara Letjen Edy Rahmayadi, Jokowi melakukan pemeriksaan pasukan dengan menggunakan mobil Jeep terbuka.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten, lokasi peringatan HUT ke-72 TNI. Dalam acara tersebut, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi pukul 08.30 WIB. Jokowi datang dengan didampingi Wakil Presiden Juuf Kalla dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Setelah aba-aba upacara dimulai, Jokowi bersama Komandan Upacara Letjen Edy Rahmayadi melakukan pemeriksaan pasukan dengan menggunakan mobil Jeep terbuka.

Dengan disopiri tentara wanita dari Paspampres, Jokowi mengitari tiap barisan yang diisi tiap matra TNI. Mata Jokowi menatap barisan mengecek kesiapan para prajurit TNI tersebut.

Saat melewati tribun yang diisi warga, sebagian warga bertepuk tangan dan memanggil nama Jokowi. Setelah menginspeksi pasukan, Jokowi lalu kembali ke mimbar inspektur upacara.

Sejumlah atraksi parade militer siap ditampilkan dalam perhelatan ulang tahun TNI ini. Seperti, aksi drama kolosal menampilkan perjuangan TNI saat masa-masa merebut kemerdekaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pamer Alutsista

Setelah itu, berturut-turut ditampilkan berbagai kemampuan dan atraksi alutsista TNI. Seperti tank Leopard, flypass pesawat Cessna, helikopter Colibri, serta aksi dog fight F-16, dan atraksi dari The Jupiter Aerobatic Team.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebelumnya mengatakan HUT TNI yang dilakukan setiap dua tahun sekali itu, sebagai upaya melaporkan pembiayaan perangkat dan sistem persenjataan yang dimiliki TNI kepada rakyat dan Presiden Jokowi.

"Jadi bukan besar-besaran. Tapi pertanggungjawaban TNI dengan memperlihatkan alutsista yang dimiliki. Bagaimana perkembangan alutsistanya, pasukannya, agar benar-benar mengetahui dan mencintai TNI," ujarnya.

Jenderal bintang empat ini mengatakan akan ada demonstrasi dari alutsista yang dimiliki TNI, termasuk alutsista modern terbaru.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.