Sukses

PVMBG: Gunung Agung Berpotensi Meletus, tapi Tidak Tahu Kapan

Baik PVMBG maupun seluruh ahli gunung api di dunia, belum ada yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) membantah isu yang beredar tentang akan meletusnya Gunung Agung malam ini, Minggu (24/9/2017). Menurut Kepala PVMBG Kasbani, pihaknya tidak dapat memastikan kebenaran isu tersebut.

"Isu tersebut berdasarkan ramalan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh PVMBG," jelas Kasbani melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (24/9/2017).

PVMBG menegaskan melihat tanda-tanda aktivitas gunung api yang terekam secara visual maupun instrumental. Kesimpulan yang bisa ditarik dari pengamatan itu adalah adanya potensi Gunung Agung untuk meletus.

"Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunung Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus," ujar Kasbani.

Namun demikian, lanjut dia, baik PVMBG maupun seluruh ahli gunung api di dunia, belum ada yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi.

"Yang jelas, PVMBG terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Pemda dan instansi terkait untuk mengantisipasi dampak apabila terjadi erupsi," pungkas Kasbani.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.