Sukses

Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Banjarmasin Jalani Cek Kesehatan

Ratusan jemaah haji kloter pertama debarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur, kembali ke Tanah Air.

Fokus, Kalimantan Timur - Ratusan jemaah haji kloter pertama debarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur, kembali ke Tanah Air pada Jumat (8/9/2017) dini hari. Sebelum dipulangkan mereka menjalani pemeriksaan kesehatan di asrama haji setempat.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (8/9/2017), sujud syukur mewarnai kedatangan 452 jemaah haji kloter pertama debarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat dini hari. Sujud syukur ini sebagai wujud terima kasih para jemaah kepada Allah SWT lantaran perjalanan ibadah haji yang dilaksanakan berjalan lancar hingga kembali ke Tanah Air.

Usai dari bandara, seluruh jemaah dibawa ke asrama haji dengan menggunakan 12 bus. Mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dipulangkan.

Sementara itu, di Mekah kawasan terminal Syib Amir semakin ramai dikunjungi para jemaah haji Indonesia jelang kepulangan mereka ke Tanah Air. Salah satu toko yang diserbu adalah Bajaba' yang menawarkan aneka makanan dan oleh-oleh khas haji. Bahkan, pelayan toko tak canggung menyapa setiap pembeli asal Indonesia dengan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Daerah.

Rata-rata pelayan toko di Tanah Suci berusaha melayani pengunjung dengan Bahasa Indonesia sebab pasar potensial jemaah haji setiap tahun berasal dari Indonesia. Tahun ini jumlah jemaah haji mencapai 2,1 juta dan 221 ribu berasal jemaah Indonesia.