Sukses

Polisi Antisipasi Kemacetan Lokasi Wisata Saat Libur Idul Adha

Berbagai antisipasi mulai disiapkan kepolisian guna memperlancar arus lalu lintas di beberapa lokasi tujuan wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah lokasi wisata di Jawa Barat dan Jawa Tengah diprediksi akan mengalami penumpukan kendaraan pada libur Idul Adha, 1 September 2017 mendatang.

Berbagai antisipasi mulai disiapkan kepolisian guna memperlancar arus lalu lintas di beberapa lokasi tujuan wisata.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, jalur ke arah Puncak, Bogor, dan Bandung diperkirakan akan mengalami kemacetan. Untuk itu, pihaknya telah melakukan pemetaan.

"Di Cipularang, jalur Nagrek, dan Puncak. Itu pasti yang konsentrasi penuh banyak di sini," kata Royke di Rest Area 102, Subang, Jawa Barat, Selasa (29/8/2017).

Royke menambahkan, tempat rekreasi atau wisata pada libur Idul Adha harus menjadi perhatian. Sehingga, kemacetan tidak mengular hingga ke jalan arteri dan jalan tol.

"Yang harus diperhatikan dengan baik adalah parkirnya dan keluar masuknya kendaraan di tempat rekreasi," ucap Royke.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantura Diprediksi Macet

Untuk di wilayah Jawa Tengah, Royke memperkirakan kemacetan akan terjadi di Tegal, Brebes, Bumi Ayu, dan Pemalang.

Menurut dia, empat daerah tersebut merupakan jalan utama untuk menuju Semarang dan Yogyakarta, dua daerah yang juga terdapat banyak tempat wisata.

"Konsentrasinya di situ kalau saya melihat Idul Adha ini," tambah dia.

Sejumlah rekayasa lalu lintas, kata Royke, sudah disiapkan. Mulai dari buka tutup jalur, contraflow, one way traffic atau penerapan satu jalur.

"Saya melihat kesiapan di Polda Jateng, Jabar, dan Polda Metro Jaya, secara langsung sudah maksimal kesiapannya tinggal kami poles lagi," kata Royke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.