Sukses

Iriana Jokowi Tampil Memesona dengan Batik Mega Ageng

Saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, Jokowi memegang kujang yang merupakan simbol satria pemimpin bangsa.

Fokus, Bandung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung, Jawa Barat. Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana datang mengenakan pakaian adat Sunda dengan ikat kepala, mahkota sinatria. Mahkota ini memiliki makna karakter seorang pemimpin yang kesatria, adil, tegas, jujur, dan berani.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (26/8/2017), Ibu Iriana juga mengenakan batik pesona mega ageng. Ini melambangkan langit yang akan turun hujan sebagai anugerah dari Sang Pencipta.

Saat karnaval, Presiden Jokowi memegang kujang yang merupakan simbol satria pemimpin bangsa. Presiden juga sempat mengikuti rangkaian karnaval dengan menaiki kendaraan pawai khusus, yakni Kareta Pancasila.

Kareta Pancasila ini dirancang secara khusus oleh lima orang ternama dari Jawa Barat. Dan ornamen-ornamen yang ada di Kareta Pancasila melambangkan budaya gotong royong juga Bhinneka Tunggal Ika.

Karnaval Kemerdekan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.30. WIB. Para peserta karnaval berpawai sejauh 3,8 kilometer dari Gedung Sate hingga berakhir di alun-alun Kota Bandung.

Pawai ini diikuti 2.500 peserta, tidak hanya dari Kota Bandung, tapi juga mengundang kota-kota yang kerap menggelar festival tingkat internasional, seperti Jember Fashion Karnaval, Batik Solo Karnaval, dan Tomohon Internasional Flower Karnaval.