Sukses

Anggota Jemaah Calon Haji Wafat di Pesawat

Anggota jemaah calon haji tersebut awalnya hendak ke toilet, tapi yang bersangkutan terjatuh ke lantai pesawat.

Liputan6.com, Banda Aceh - Seorang anggota jemaah calon haji (JCH) asal Aceh dilaporkan wafat di dalam pesawat dalam penerbangan menuju Jeddah, Arab Saudi, Jumat, 25 Agustus 2017.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Rusli, di Banda Aceh mengatakan, anggota jemaah calon haji yang meninggal itu tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 10, berasal Kabupaten Pidie.

"JCH berasal Pidie bernama Muslimah binti H Ismail Yusuf yang berusia 58 tahun dengan nomor manifest 207 wafat. Tepatnya, satu jam sebelum pesawat mendarat di Bandar Udara King Abdul Aziz Jeddah," jelas Rusli, Sabtu (26/8/2017).

Saat ini, jenazah tersebut masih dalam proses pemakaman yang rencananya akan dilakukan di Jeddah, berdasarkan informasi dari petugas kloter.

Dia menjelaskan, anggota jemaah calon haji tersebut awalnya hendak ke toilet, tapi yang bersangkutan terjatuh ke lantai pesawat.

"Menurut informasi dari dokter Maya Sofia, setelah berusaha bangun dari kursinya. Yang bersangkutan lalu terduduk kembali dengan kondisi lemas, kemudian dicek oleh tim medis kloter ternyata tensi darah 70/60 mmHG," terang dia, seperti dilansir Antara.

"Tim medis, langsung melakukan penanganan cepat dengan memberi obat, dan memasang oksigen. Namun, kondisi pasien terus memburuk," tutur Rusli.

PPIH Embarkasi Aceh mengaku turut berduka atas wafatnya seorang anggota jemaah calon haji asal Aceh. "Semoga pengurusan jenazah, berjalan dengan lancar," tambah Rusli.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun ini akan memberangkatkan 4.473 orang JCH ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Ke-4.473 orang jemaah calon haji itu terdiri dari 4.357 JCH asal Aceh, 34 tim pemandu haji daerah dan tim kesehatan haji daerah, 26 JCH mutasi dari luar provinsi, dan 56 orang petugas kloter.

Saksikan video di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Haji Wafat

Anggota jemaah calon haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi bertambah sembilan orang lagi pada Sabtu (26/8/2017). Mayoritas calon haji meninggal karena terkena serangan jantung dan gangguan pernapasan.

Data yang dirilis Sistem Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Daerah Kerja Mekah, total jumlah keseluruhan anggota jemaah calon haji Indonesia yang wafat sejak pemberangkatan gelombang pertama 28 Juli 2017 mencapai 102 orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.