Sukses

Jokowi Bakal Naik 'Kareta Pancasila' di Karnaval Kemerdekaan

Pembuatan 'Kareta Pancasila' mewakili nilai-nilai gotong royong yang menjadi kekuatan masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghadiri Karnaval Pesona Parahyangan Kemerdekaan 2017 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu besok. Jokowi akan ambil bagian pada karnaval dengan menaiki mobil hias yang diberi nama Kareta Pancasila.

Kareta ini dirancang oleh lima seniman asal Bandung. Pembuatan Kareta Pancasila mewakili nilai-nilai gotong royong yang menjadi kekuatan masyarakat Indonesia.

"Kareta Pancasila menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong yang terwujud dalam laku budaya berupa kebersamaan," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, melalui siaran pers, Jumat (25/8/2017).

Kareta Pancasila dibuat oleh Tisna Sanjaya, budayawan dan pengajar di Institut Teknologi Bandung. Tisna mengajak serta budayawan lain, seperti Aat Suratin dan Joko Kurnain, untuk merancang mobil yang akan menjadi tunggangan Jokowi pada karnaval itu.

Kareta Pancasila juga dibuat sebagai simbol kerja keras pemimpin untuk membawa kesejahteraan rakyatnya. Menurut Tisna, konsep yang diusung adalah mobil bajasan, artinya sederhana, tetapi lahir dari kerja keras.

Kareta Pancasila dibuat dari truk yang dihias dengan kepala burung garuda. Di bagian belakangnya disusun seeng (dandang), alat memasak tradisional Sunda, yang dipakai untuk membentuk tumpeng raksasa. Jokowi dan Iriana akan ditempatkan di bagian depan dari kendaraan itu.


Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karnaval Kemerdekaan Digilir


"Jika dilihat dari depan, kendaraan itu membawa hasil bumi dan Jokowi sebagai pemimpin mengantarkannya untuk rakyatnya," kata Tisna.

Mengacu pada tema karnaval, yakni "Menyalakan Api, Kerja Bersama", mobil hias yang ditunggangi Presiden melambangkan semangat bekerja bersama dan memanen hasil kerja secara bersama-sama.

Adapun rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 14.00 WIB dari depan Gedung Sate menuju ke Jalan Juanda (Jalan Dago), Jalan Merdeka menuju ke Taman Vanda. Selanjutnya, rangkaian karnaval akan menuju Alun-Alun Masjid Raya di Jalan Asia Afrika.

Karnaval Kemerdekaan muncul untuk menyambut ide Presiden Joko Widodo yang ingin Karnaval Kemerdekaan diadakan berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain, tidak hanya berpusat di Jakarta agar kegembiraan kemerdekaan dirasakan oleh semua daerah.

Pada 2015, perayaan bertajuk Karnaval Khatulistiwa diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Dilanjutkan dengan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Parapat dan Balige, Sumatera Utara, pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.