Sukses

104 Hewan Kurban di Jakarta Terdeteksi Sakit

Pemeriksaan hewan kurban akan terus dilakukan sampai hari H Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) tengah menggencarkan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan dimulai sejak pertengahan Agustus lalu. Sebanyak 48.234 ekor hewan kurban sudah diperiksa.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta, Sri Hartati, mengatakan, hewan yang diperiksa adalah sapi, kerbau, kambing, dan domba.

"Pemeriksaan dilakukan di 674 lokasi. Yang sudah diperiksa kita pasangi stiker," ujar Sri saat dihubungi, Jumat (25/8/2017).

Hasil pemeriksaan sementara, 104 ekor hewan kurban terdeteksi sakit, 13 ekor cacat, dan 249 ekor tidak cukup umur.

"Yang sakit diberikan pengobatan dan yang tidak cukup umur serta cacat diberi tanda silang agar tidak dijual," ucapnya.

Sri Hartati menyebut, pemeriksaan kurban akan terus dilakukan sampai hari H Idul Adha.

"Kami berharap agar masyarakat membeli hewan kurban di tempat yang telah dilakukan pemeriksaan oleh petugas," tandas Sri.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jatuh Pada 1 September

Kementerian Agama memastikan awal Zulhijah 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu, 23 Agustus 2017. Kepastian tersebut diperoleh setelah dilakukan sidang isbat yang melibatkan sejumlah kalangan dari ormas Islam, akademisi, dan perwakilan Kementerian Agama.

"Hilal sudah dapat dipastikan ada. Berdasarkan dua pandangan yang menjadi tradisi Indonesia. Kita tetapkan 1 Zulhijah jatuh pada hari Rabu Kliwon 23 Agustus 2017," ujar Sekjen Kemenag Nur Syam di Jakarta, Kamis 22 Agustus 2017 malam.

Dengan diputuskannya awal Zulhijah, Nur memastikan Hari Raya Idul Adha 2017 atau 10 Zulhijah jatuh pada Jumat, 1 September 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.