Sukses

Mensesneg: Presiden Jokowi Itu Mirip Sukarno

Dari foto yang ditampilkan pada pameran, Pratikno melihat yang dilakukan Sukarno dulu juga dilakukan Jokowi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno membuka pameran bertema Sukarno: Besar Bersama Rakyat. Pameran untuk umum dan gratis ini digelar di Aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, mulai 22-25 Agustus 2017.

Sebelum membuka pameran, Pratikno mengaku sudah melihat beberapa dokumen yang akan ditampilkan. Melihat dokumen itu, Pratikno ingat dengan sosok Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Saya sudah baca, lalu lihat dokumen-dokumen, lihat foto-fotonya luar biasa. Saya rasakan mirip-mirip juga dengan Pak Jokowi. Baik itu foto bareng dengan anak-anak, riuh rendah, dan seterusnya. Jadi ini akan menjadi inspirasi bagi kita semua," kata Pratikno, Selasa (22/8/2017).

Usai membuka acara, Pratikno menyempatkan diri meninjau pameran. Dia didampingi Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan dan Duta Arsip yang juga politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka.

Mereka dipandu seorang pegawai ANRI selama meninjau pameran. Satu per satu foto Sukarno dengan berbagai kondisi dilihat. Pemandu juga langsung menjelaskan sejarah di balik foto itu.

Dari foto yang ditampilkan pada pameran, Pratikno melihat yang dilakukan Sukarno dulu juga dilakukan Jokowi saat ini. Pameran menunjukkan gaya pemimpin yang dekat dengan rakyat sekaligus pekerja keras.

"Langsung turun ke lapangan sampai beliau Sukarno menjadi guru, turun ke petani, ke sawah tanpa canggung. Di sisi lain juga seorang pemimpin yang dicintai rakyat," pungkas Pratikno.

Dalam ruang pameran, penyelenggara memisahkan cerita tentang Sukarno ke dalam 8 sub bagian. Sub bagian itu yakni Cinta Sejati, Aku dan Anak-anak, Sang Orator, Aku dan Sahabat, Dalam Pengasingan, Mencerdaskan dan bersama Rakyat, Dunia Mengakui, serta Pemerintahan dan Pembangunan.

Tidak hanya itu, pengunjung juga disuguhi beberapa buku bacaan Sukarno dalam bahasa Belanda. Dalam buku itu juga terdapat tulisan tangan Sukarno yang berisi komentar atas tulisan dalam buku itu.

Pengunjung juga bisa berfoto dengan miniatur Sukarno yang tengah berada di dalam mobil. Latar foto ditampilkan saat Sukarno berkunjung ke Bandung, Jawa Barat.


Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.