Sukses

Hadir di Milad FPI, Anies Tekankan Soal Toleransi dan Kebinekaan

Anies yakin, FPI ke depan bukan organisasi yang hadir untuk mengancam, tapi hadir untuk merawat marwah Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menghadiri acara Milad Front Pembela Islam (FPI) yang digelar di Stadion Sepak Bola Kamal, Kapuk Kamal, Jakarta Utara, Sabtu (19/8/2017). Pada sambutannya, Anies meminta FPI aktif berperan menjaga NKRI.

Kepada seluruh jemaah yang hadir, Anies juga meminta FPI dapat menjadi organisasi yang berkontribusi dalam menjaga kebinekaan.

"Semua yang hadir di sini, memiliki komitmen untuk menjaga NKRI. Ke depan FPI harus bisa buktikan sebagai salah satu organisasi penjaga kebinekaan," ujar Anies di hadapan seluruh jemaah yang hadir. 

Sebelum menyampaikan sambutannya, Anies mengikuti salat subuh berjamaah terlebih dahulu. Jelang berdoa, Anies kemudian diundang untuk memberikan sambutan. 

Anies memiliki harapan tersendiri kepada FPI, terutama soal toleransi dan kebinekaan. Dia yakin, FPI ke depan bukan organisasi yang hadir untuk mengancam, tapi hadir untuk merawat marwah Pancasila.

Di tengah konflik dan perpecahan yang terjadi di berbagai tempat di dunia, umat islam harus memperjuangkan persatuan di Indonesia. Persatuan yang dimaksud Anies, tidak akan hadir dalam situasi ketimpangan.

"Persatuan harus hadir dalam keadilan. Maka sama-sama kita perjuangkan. Sulit sekali dengan situaai ketimpangan berharap ada persatuan, ketimpangan bisa menghantar pada perpecahan dan kecemburuan," ungkap Anies seperti dilansir dari Tim Media Center Anies-Sandi.

Menurut Anies, dengan hadirnya keadilan, maka persatuan akan muncul. Sering terjadi salah anggapan, bahwa saat membicarakan persatuan, namun kurang diimbangi dalam hal keadilan.

"Insyaallah FPI bisa ikut serta menghadirkan keadilan tersebut. Mari kita bersama-sama jaga amanat yang dititipkan umat islam, untuk menjadi penulis sejarah umat islam di indonesia," Anies Baswedan.

Setelah memberikan sambutan, Anies lalu menghadiri perayaan HUT RI ke-72 di RW 02 Kelurahan Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.