Sukses

Sesak Napas, Calon Haji Indonesia Jalani Terapi di Mekah

Anggota jemaah calon haji tersebut harus melakukan terapi setiap hari, yakni pagi, siang, dan malam.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang jemaah calon haji Indonesia dengan keluhan sesak napas mendapatkan perawatan dan terapi di Klinik Kesehatan Jemaah Haji (KKHI) Indonesia di Mekah, Arab Saudi. Jemaah tersebut bernama Kakek Kardi yang berasal dari dari Embarkasi Surabaya atau SUB 13.

Tim kesehatan dari KKHI berupaya memberikan perawatan yang maksimal terhadap pasien yang diketahui berusia 65 tahun. Sudah tiga hari ia dirawat dengan mendapatkan terapi belajar tarik napas secara teratur.

"Ini dahaknya susah keluar, kita bantu terapi," kata Dokter Irma yang merawat Kakek Hardi di KKHI Mekah, Minggu (13/8/2017).

Irma menjelaskan, Kakek Kardi harus melakukan terapi setiap hari, yakni pagi, siang, dan malam. Latihan pernapasan dibimbing langsung oleh dokter KKHI.

Berdasarkan hasil diagnosis dokter KKHI, Kakek Kardi mengalami gangguan pada paru-paru atau tepatnya penyakit paru obstruktif kronik.

Namun, karena semangatnya untuk dapat mengikuti semua rukun dan wajib haji, Irma optimistis dia dapat sembuh lebih cepat. Sang kakek tidak lama lagi dapat kembali ke rombongan kloternya.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.